logo Kompas.id
OpiniKecerdasan Buatan
Iklan

Kecerdasan Buatan

Era Kecerdasan Buatan bisa menjadi awal dari sebuah babak perpindahan kepakaran dari manusia ke mesin. Tapi perlu diingat, Kecerdasan Buatan juga memiliki “ideologi”, paling tidak dipengaruhi oleh yang mendesainnya.

Oleh
Ahmad Najib Burhani
· 5 menit baca
Ahmad Najib Burhani
SALOMO TOBING

Ahmad Najib Burhani

Jika era media sosial seringkali disebut menyebabkan “matinya kepakaran (the death of expertise), maka era Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan yang sedang ramai saat ini bisa menjadi awal dari sebuah babak perpindahan kepakaran dari manusia ke mesin (the shift of expertise from human beings to machine). Di era AI ini, ketika mencari jawaban dari berbagai persoalan, seseorang tidak lagi bertemu dengan pakar atau ahli dalam bidang tertentu, tapi jawabannya datang dari mesin. Konsultan, narasumber, dan informannya adalah mesin. Ini misalnya bisa dilihat dalam ChatGPT-AI Texting Chatbot dan chat.openai.com dimana kita tinggal mengetik atau memerintahkan AI apa yang kita mau dan mesin akan menjawab atau menyajikan apa yang kita perlukan.

Kita seperti tak memerlukan lagi staf khusus yang biasanya membantu mempersiapkan pidato untuk acara tertentu. Tak perlu sekretaris yang membuat surat di kantor. Cukup dengan memerintahkan AI untuk menyiapkan pidato atau surat yang kita perlukan. Jika ingin membuat makalah atau artikel, kita juga bisa meminta AI dengan menuliskan tema yang dimaksud atau acara yang menjadi tujuan artikel itu hendak disampaikan. Tidak hanya dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, AI juga siap dengan bahasa-bahasa lain. Naskah pidato atau makalah yang dibuat AI sudah dalam bentuk yang runtut dan dengan grammar atau tata bahasa yang benar.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000