logo Kompas.id
OpiniZaman Gelap Industri Musik...
Iklan

Zaman Gelap Industri Musik Indonesia

Kerap kesulitan menemukan karya-karya musik baru. Pencarian bakat musik di televisi memang terus ada, tetapi sekadar hadir untuk meraih rating dan iklan, bukan dalam upaya membangun ekosistem musik yang lebih baik.

Oleh
ARIS SETIAWAN
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/jYFHPqhk0E2-zNytm_WWnGSm-D8=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F11%2F20211103-Opini-Digital-2_1635946650.jpg
Kompas

Heryunanto

Akhir-akhir ini saya, atau mungkin juga Anda, kerap kesulitan menemukan karya-karya musik baru. Apalagi jika musik itu mampu menjadi tanda sebuah zaman, semacam tembang kenangan, didengar kekal dan tetap enak untuk dinikmati kapan pun.

Jujur, dalam blantika musik pop, hari ini saya sangat merasa kurang pergaulan (kuper) karena tidak berhasil menemukan karya musik yang menurut saya ”meledak” sebagaimana waktu-waktu lampau. Karya musik baru bukannya tidak ada, melainkan tertimbun dengan berbagai kegaduhan bunyi lain yang lebih menyedot atensi.

Editor:
yovitaarika
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000