logo Kompas.id
OpiniClubhouse Menjadi Tanda Akhir ...
Iklan

Clubhouse Menjadi Tanda Akhir Zaman bagi Medsos Jorok

Aplikasi media sosial berbasis suara, Clubhouse, menjadi fenomena baru di tengah banjir disinformasi. Kemunculan Clubhouse menjadi tanda berakhirnya masa-masa konten antah berantah bertengger di media sosial.

Oleh
Andreas Maryoto
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9qXnymxV2CJI7KBB7h0zfQAGjHw=/1024x1215/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674.jpg
Kompas

Andreas Maryoto, wartawan senior Kompas

Awal pekan ini, publik ramai membahas media sosial baru bernama Clubhouse. Media ini berbasis perbincangan suara dan baru bisa diunduh di iOS karena masih berupa versi beta. Clubhouse menjadi penegas bahwa konten-konten bermutu di media sosial dibutuhkan orang, bahkan ketika mereka harus membayar sekalipun.

Media sosial lama, seperti Facebook dan Twitter, serta layanan mesin pencari Google tengah berbenah. Mereka sepertinya menyadari konten bermutu tetap dicari orang. Di samping itu, mereka tidak ingin mendapatkan citra buruk sebagai tempat bermukim konten hoaks, ujaran kebencian, dan juga misinformasi. Bisnis dengan citra buruk memang tak akan bertahan lama.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000