logo Kompas.id
OpiniRencana Bisnis di Balik...
Iklan

Rencana Bisnis di Balik Integrasi Whatsapp, Facebook, dan Instagram

Facebook mengintegrasikan data di ketiga platform mereka, yaitu Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Mengapa?

Oleh
Andreas Maryoto
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9qXnymxV2CJI7KBB7h0zfQAGjHw=/1024x1215/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674.jpg
Kompas

Andreas Maryoto, wartawan senior ”Kompas”

Beberapa waktu lalu, seorang kenalan yang mempunyai akun Facebook diminta untuk mengubah nama akunnya dengan nama asli. Ia memang menggunakan nama samaran dan Facebook mendeteksi nama akun itu bukan nama asli. Rupanya inilah salah satu langkah awal Facebook Inc dengan memastikan identitas akun untuk mengintegrasikan tiga data di platform mereka, yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Langkah berikutnya pada Oktober tahun lalu, Facebook mengintegrasikan data di Instagram dengan data di Facebook. Semula data kita berikut dengan perilaku kita di kedua platform itu disimpan di silo terpisah, tetapi kini terhubung dan bisa saling komunikasi. Sebagai contoh, ketika kita sering melihat akun-akun otomotif di Instagram, tak lama kemudian kita kerap disodori laman-laman e-dagang yang menjual kendaraan. Perilaku kita di Instagram menjadi informasi berharga bagi fitur perdagangan Facebook.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000