Kepastian Marco Bezzecchi bertahan di tim Mooney VR46 menguatkan peluang Franco Morbidelli bergabung dengan Pramac Racing untuk MotoGP 2024. Morbidelli pun sangat tertarik mengisi posisi yang ditinggalkan Johann Zarco.
Oleh
AGUNG SETYAHADI
·4 menit baca
BARCELONA, KAMIS — Tempat berlabuh Franco Morbidelli untuk MotoGP musim 2024 semakin jelas seiring keputusan Marco Bezzecchi bertahan di tim Mooney VR46 untuk musim depan. Morbidelli pun mengakui dirinya terus berkomunikasi dengan Ducati dan keputusan final semakin dekat. Saat ini ada tiga tim pengguna motor Ducati yang berpeluang disinggahi oleh Morbidelli, yaitu Pramac Racing, Gresini Racing, dan VR46 Racing. Namun, pebalap Italia itu mengakui, Pramac sangat menarik karena memiliki motor spesifikasi pabrikan.
Morbidelli dipastikan meninggalkan Yamaha di akhir musim ini, dan posisinya akan digantikan oleh Alex Rins. Sejak Yamaha mengumumkan perpisahan itu, posisi pebalap lulusan Akademi VR46 itu untuk musim depan menjadi misteri. Dia sempat diperkirakan akan membela VR46 jika Bezzecchi pindah ke Pramac. Namun, VR46 memilih mempertahankan Bezzecchi, dan itu sudah dipastikan dengan kontrak baru untuk 2024 pada Rabu (30/8/2023).
Kepastian Bezzecchi bertahan di tim milik Valentino Rossi itu memperjelas ke arah mana Morbidelli menuju.
Ini menjadi semakin jelas, dan sudah pasti bukan sebuah rahasia bahwa saya dan Ducati melakukan kontak dan semakin dekat, tetapi belum ada yang resmi. Kami berusaha melakukan itu dan kita lihat seperti apa ke depan.
”Ini menjadi semakin jelas, dan sudah pasti bukan sebuah rahasia bahwa saya dan Ducati melakukan kontak dan semakin dekat, tetapi belum ada yang resmi. Kami berusaha melakukan itu dan kita lihat seperti apa ke depan,” ujar Morbidelli kepada MotoGP di Montmelo, Spanyol, Kamis (31/8/2023).
Pebalap lulusan Akademi VR46 yang pertama tampil di MotoGP itu juga mengindikasikan ke mana dirinya ingin berlabuh.
”Jelas ada kesepakatan yang sedikit lebih baik, dan kesepakatan yang sedikit kurang bagus, yang ada dalam menu. Tetapi, semuanya belum diputuskan, dan jelas saya memiliki pilihan yang lebih saya sukai, dan bukan rahasia bahwa Pramac memiliki spesifikasi (motor) pabrikan, dan itu sangat menggoda bagi pebalap, jadi itu bukan rahasia, tetapi kita lihat saja,” ujar Morbidelli.
Seiring dengan negosiasi kontrak dengan calon tim barunya, Morbidelli menegaskan, dirinya kini fokus menyelesaikan musim ini bersama tim Monster Energy Yamaha. Dia terus berusaha menjadi lebih kompetitif meskipun musim ini motor YZR-M1 kurang solid.
”Ya, saya fokus pada balapan, sangat penting untuk fokus pada saat ini, bukan ke depan. Saya beruntung memiliki orang-orang hebat di sekeliling saya, bekerja dengan saya, berusaha memastikan ke depan sebaik mungkin, sekompetitif mungkin, itu yang kami targetkan. Saya memiliki keberuntungan besar memiliki banyak orang hebat di sekeliling saya, mereka melakukan tugas mereka sebaik mungkin, dan saya melakukan tugas saya sebaik mungkin,” kata Morbidelli.
Akhir pekan ini, dalam balapan seri Catalunya, Morbidelli berharap bisa lebih solid dari balapan sebelumnya di Austria, di mana dia finis di posisi ke-11.
”Saya memeliki keseruan di sepanjang akhir pekan balapan sebelumnya karena kami terlibat dalam persaingan. Saya ingin menjadi lebih baik dari itu dan menjaga momentum bergulir. Saya merasa bagus selama balapan di Austria. Saya meraih hasil, tetapi saya datang terlambat ke rombongan di depan saya. Akhir pekan ini kami berharap bisa memperbaiki hasil pada Jumat dan Sabtu pagi sehingga kami bisa start lebih di depan,” ujar Morbidelli.
Mir Bertahan di Honda
Balapan akhir pekan ini juga diharapkan oleh pebalap Repsol Honda, Joan Mir, memberikan hasil positif. Pebalap tuan rumah itu musim ini mengalami momen sulit karena baru sekali finis balapan utama dalam seri pembuka di Portimao. Dia sering terjatuh, dan juga sempat cedera, sehingga kehilangan banyak waktu untuk adaptasi dengan motor RC213V yang kurang kompetitif.
Meskipun menjalani momen sulit karena motor yang tidak stabil, Mir memilih untuk bertahan di Honda. Padahal, dia diminati oleh tim lain yang memiliki motor jauh lebih kompetitif. Selama ini, Mir dikaitkan dengan Gresini Racing.
”Sudah pasti, saat Anda dalam situasi di mana pebalap dalam situasi seperti kami pada saat ini, dan mereka menunjukkan sesuatu, menunjukkan ketertarikan pada Anda, itu sesuatu yang sangat bagus. Tetapi, pada saat ini, apa yang kami inginkan adalah meneruskan proyek dengan Honda,” ujar Mir.
”Saya merasa, jika saya pergi saat ini, saya merasa seperti saya gagal, dan saya tidak menginginkan itu. Saya ingin memberi kesempatan lagi, tetapi benar bahwa kami bisa kehilangan lebih banyak tahun, kita lihat saja,” ujar Mir.
”Ya, ya, keputusan saya adalah bertahan, tetapi kami juga ingin ada beberapa perubahan untuk berusaha menjadi lebih dekat (ke papan atas),” ujar Mir di Barcelona.