logo Kompas.id
OlahragaPresiden UEFA: Format Tuan Rumah Multinegara Tak Akan Terulang

Presiden UEFA: Format Tuan Rumah Multinegara Tak Akan Terulang

Presiden UEFA Aleksander Ceferin tidak akan mengulangi pelaksanaan Piala Eropa di banyak negara. Jarak tempuh perjalanan tim sangat berbeda. Swiss menjadi tim dengan perjalanan terjauh.

Oleh
MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
Memuat data...
ADJIE MASDYKA SUDARYANTO

Penampakan Stadion Wembley, London, Inggris, saat digelarnya laga semifinal Piala Eropa 2020 antara Italia dan Spanyol, Rabu (8/7/2021) dini hari WIB. Penyelenggaraan Piala Eropa 2020 dengan format 11 negara dan 11 kota tuan rumah tidak akan diulangi lagi karena menimbulkan ketidakadilan.

LONDON, JUMAT — Presiden Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) Aleksander Ceferin memastikan, pihaknya tidak akan mengulangi ”kekeliruan” untuk menyelenggarakan Piala Eropa dengan multinegara tuan rumah. Menurut dia, penentuan 11 kota dari 11 negara sebagai lokasi penyelenggara laga turnamen antarnegara Eropa itu menghadirkan ketidakadilan bagi beberapa tim dan para fans.

Konsep tuan rumah di banyak negara itu dicetuskan oleh mantan Presiden UEFA Michel Platini pada 2012. Format berbeda itu dimaksudkan untuk merayakan 60 tahun Piala Eropa bergulir.

Editor:
Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan