logo Kompas.id
NusantaraLiterasi Keuangan Kunci...
Iklan

Literasi Keuangan Kunci Pengembangan Usaha UMKM

Tidak hanya dari penjual yang beralih ke daring, para pelaku usaha baru juga bermunculan di tengah pandemi. Mereka membutuhkan literasi keuangan dan mampu memisahkan antara dana pribadi dan perusahaannya.

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
· 3 menit baca
Suasana pameran UMKM Gayeng di atrium Mal Paragon, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/4/2021). Selain di Semarang, pameran yang melibatkan Bank Indonesia Perwakilan Jateng itu juga dilakukan di Singapura guna memasarkan sejumlah produk unggulan provinsi itu.
KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Suasana pameran UMKM Gayeng di atrium Mal Paragon, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/4/2021). Selain di Semarang, pameran yang melibatkan Bank Indonesia Perwakilan Jateng itu juga dilakukan di Singapura guna memasarkan sejumlah produk unggulan provinsi itu.

BANDUNG, KOMPAS — Pengusaha mikro kecil dan menengah semakin banyak hadir di tengah pandemi. Agar bisnis tetap berkembang, para pengusaha baru ini sangat membutuhkan pendampingan dari berbagai pihak tentang pentingnya literasi keuangan.

Jumlah pelaku usaha yang tinggi di tengah pandemi ini terlihat dari penjual pengguna e-commerce pasar daring Tokopedia. Menurut Product Manager Senior Manager Lead Tokopedia Hatta Bagus Himawan, jumlahnya mencapai 12 juta pengguna di tahun 2022.

Editor:
CORNELIUS HELMY HERLAMBANG
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000