logo Kompas.id
NusantaraTransformasi BUMN Harus Didukung Pengembangan SDM yang Tepat

Transformasi BUMN Harus Didukung Pengembangan SDM yang Tepat

Transformasi badan usaha milik negara tidak akan ada artinya tanpa dukungan sumber daya manusia yang ideal. Anak muda potensial menjadi tulang punggung keinginan itu.

Oleh
DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca

MALANG, KOMPAS — Transformasi badan usaha milik negara tidak akan ada artinya tanpa dukungan sumber daya manusia yang ideal. Kampus diharapkan menjadi motor utama pembentukan sumber daya manusia itu.

Hal itu dikatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Tohir dalam orasi ilmiah di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/11/2021). Dia mengambil tema Globalization and Digitalization: Strategi BUMN Paska Pendemi. Hadir dalam acara itu sejumlah dosen dan mahasiswa dari kampus-kampus di Malang.

”Dalam era sekarang, kita mendapat tekanan berupa tiga hal. Pertama, pasar globalisasi di mana akan dipaksa dibuka. Kedua, transformasi atau distribusi digital yang tidak bisa ditahan. Ketiga adalah ketahanan terkait dengan kesehatan. Untuk itu, BUMN, universitas, dan rakyat Indonesia harus bergotong royong. Bekerja sama satu sama lain membangun fondasi dan roadmap ke depan demi semua,” kata Erick.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan