logo Kompas.id
NusantaraCapaian Vaksinasi Rendah, Kabupaten Tegal Kembali Terapkan PPKM Level 3

Capaian Vaksinasi Rendah, Kabupaten Tegal Kembali Terapkan PPKM Level 3

Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kembali menerapkan PPKM level 3 akibat rendahnya capaian vaksinasi di wilayah tersebut. Pemerintah setempat akan menggenjot capaian dengan menambah target vaksinasi harian di fasyankes.

Oleh KRISTI UTAMI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Suasana penyekatan di wilayah perbatasan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada hari pertama penutupan pintu keluar tol, Jumat (16/7/2021). Penyekatan di perbatasan dilakukan untuk menekan risiko pergerakan warga antarwilayah. Di Kota Tegal, 37 jalan di dalam kota ditutup untuk membatasi mobilitas masyarakat. Adapun di Kabupaten Tegal, 25 ruas jalan juga ditutup.

SLAWI, KOMPAS — Setelah sepekan terakhir menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 2, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kembali masuk dalam kategori daerah yang menerapkan PPKM level 3. Masih rendahnya capaian vaksinasi di wilayah tersebut menjadi salah satu penyebabnya.

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, vaksinasi menjadi indikator tambahan untuk menentukan level PPKM suatu daerah. Untuk tetap menerapkan PPKM level 2, capaian vaksinasi Kabupaten Tegal setidaknya 50 persen untuk target sasaran seluruhnya dan 40 persen untuk target sasaran warga lansia.

Editor: Agnes Swetta Pandia
Bagikan
Memuat data..