logo Kompas.id
NusantaraPabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia Beroperasi di Pasuruan

Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia Beroperasi di Pasuruan

Pabrik daur ulang plastik dibangun di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Keberadaannya diharapkan bisa mengurangi sampah plastik di Indonesia.

Oleh DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Warga membersihkan botol plastik bekas yang berhasil dikumpulkan di kawasan Cideng, Jakarta Pusat, sebelum dijual kepada pengepul untuk didaur ulang, Rabu (2/6/2021). Aksi pengumpulan botol bekas tersebut, selain bernilai ekonomis karena dihargai Rp 1.000 per kilogram, juga turut membantu kebersihan lingkungan.

PASURUAN, KOMPAS — Pabrik daur ulang plastik terbesar di Indonesia beroperasi di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Pabrik itu disebut mampu menghasilkan 25.000 ton per tahun plastik polyethylene terephthalate atau PET daur ulang.

Pabrik daur ulang plastik tersebut terwujud berkat kerja sama PT Veolia Services Indonesia (Veolia Indonesia) dengan PT Tirta Investama (Danone-AQUA). Menjadi bagian dari Grup Veolia yang berbasis di Perancis, Veolia Indonesia berkiprah di bidang daur ulang dan pemrosesan plastik.

Editor: Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Memuat data..