logo Kompas.id
NusantaraDukung Digitalisasi Pasar UMKM, Belanja Produk Lokal Digaungkan

Dukung Digitalisasi Pasar UMKM, Belanja Produk Lokal Digaungkan

Sejumlah 30 juta UMKM ditargetkan dapat mengakses pasar digital pada 2023. Gerakan membeli atau belanja produk lokal terus digaungkan agar pasar dalam negeri tidak dikuasai produk asing.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Warga Desa Gelaranyar, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengolah nira menjadi gula semut aren, Sabtu (17/8/2019). Berkat internet, pelaku UMKM di desa ini dapat memasarkan gula aren lewat media sosial sehingga diburu pembeli dari luar daerah, seperti Bandung, Bekasi, dan Sumedang.

BANDUNG, KOMPAS — Pemerintah pusat menargetkan 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah dapat mengakses pasar digital pada 2023. Untuk mencapai target itu, gerakan membeli atau belanja produk lokal terus digaungkan hingga ke daerah.

Dengan populasi 260 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar yang besar untuk menjual produk dalam negeri. Oleh sebab itu, akselerasi digitalisasi UMKM sangat penting dalam memperluas jangkauan pasar.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan