logo Kompas.id
NusantaraHei...Mari Cicipi Nikmatnya Tahu Rasa Keberagaman Ini

Hei...Mari Cicipi Nikmatnya Tahu Rasa Keberagaman Ini

Nusantara memiliki beragam kuliner tahu melegenda. Varian olahannya menghiasi meja makan di gubuk sederhana hingga rumah makan ternama. Akulturasi kuliner ini terus bertahan dan setia menghidupi manusia lintas generasi.

Oleh Abdullah Fikri Ashri/Tatang Mulyana Sinaga/Melati Mewangi/Machradin Wahyudi Ritonga/Cornelius Helmy
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Pekerja mengangkat tahu Cibuntu untuk direndam ke air bercampur kunyit sebagai pewarna alami di RW 007 Kelurahan Babakan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/2/2020). Sentra pembuatan tahu di kawasan ini telah berdiri sejak lebih dari 50 tahun lalu.

Nama besar tahu juga hadir di Jawa Barat. Di daerah dengan penduduk terbanyak di Indonesia, makanan bergizi tinggi ini punya tempat istimewa. Sentra industrinya bermunculan, dari labirin gang di Cibuntu, Kota Bandung, hingga memenuhi tatar Sumedang. Produk olahannya yang khas selalu memanjakan lidah para pencintanya. Dari Kupat Tahu Gempol di pusat Kota Bandung hingga tahu gejrot di Cirebon.

Aroma kedelai menguar dari gang-gang sempit di RW 007 Kelurahan Babakan, Kota Bandung, Selasa (9/2/2020). Kesibukan pekerja puluhan industri rumahan pembuatan tahu menandakan nadi perekonomian di kawasan itu tetap  berdenyut kencang. Tahu dari RW 007 ini populer dengan sebutan tahu Cibuntu. Cibuntu mengacu pada kawasan di sekitar Kelurahan Babakan.

Editor: Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Memuat data..