logo Kompas.id
NusantaraMenanti Visi Lingkungan di Surga Nikel

Menanti Visi Lingkungan di Surga Nikel

Pilkada Konawe Utara diikuti oleh dua calon, yaitu bupati petahana dan wakil bupati petahana yang kali ini ”berduel”. Tantangan utama di daerah surga nikel ini adalah kehadiran pemimpin yang bervisi lingkungan.

Oleh SAIFUL RIJAL YUNUS
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI WALHI SULTRA

Lokasi penambangan nikel ilegal di Blok Matarape, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, akhir Juni lalu.

Jika ada peringkat kabupaten dengan izin pertambangan nikel terbanyak, Kabupaten Konawe Utara di Sulawesi Tenggara tentu bertengger di daftar teratas. Di daerah dengan cadangan nikel sebesar 46 miliar Wet Metrik Ton ini, hutan dibuka, nikel dikeruk, baik secara legal maupun ilegal. Bencana rutin adalah dampak nyata dari lingkungan yang merana. Pemimpin daerah dengan visi menjaga lingkungan pun menjadi kebutuhan utama.

Sejak mekar dari Kabupaten Konawe lebih dari 13 tahun lalu, Bumi Oheo, sebutan wilayah Konawe Utara (Konut), berkembang dengan pesat. Sayangnya, perkembangan paling pesat bukan dari daerah yang tumbuh dengan infrastruktur yang lengkap atau kesejahteraan yang semakin meningkat.

Editor: Mohamad Final Daeng
Bagikan
Memuat data..