logo Kompas.id
MudaMenghapus Rasa Hampa Seusai...
Iklan

Menghapus Rasa Hampa Seusai ”Nonton” Konser

Banyak anak muda mengalami ”post-concert blues” seusai nonton konser. Setelah gembira, mereka sedih berpisah dengan sang idola.

Oleh
MARIA SUSY BERINDRA
· 5 menit baca
Histeria penonton konser West Life di Jakarta, Februari 2023. Setelah beragam konser musik kembali digelar di Indonesia, banyak orang mengaku mengalami <i>post-concert depression</i>. Kegembiraan dan euforia saat menonton konser dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan termotivasi. Namun saat kembali ke aktivitas normal sehari-hari, mereka akan mengalami perasaan sedih dan kehilangan yang disebabkan perubahan emosi yang drastis saat menonton konser dan setelah selesai menonton konser.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Histeria penonton konser West Life di Jakarta, Februari 2023. Setelah beragam konser musik kembali digelar di Indonesia, banyak orang mengaku mengalami post-concert depression. Kegembiraan dan euforia saat menonton konser dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan termotivasi. Namun saat kembali ke aktivitas normal sehari-hari, mereka akan mengalami perasaan sedih dan kehilangan yang disebabkan perubahan emosi yang drastis saat menonton konser dan setelah selesai menonton konser.

Istilah post-concert depression sudah tak asing lagi bagi anak muda yang kerap menonton konser musik. Para penggemar musik merasa sedihsetelah bertemu sang idola sesaat lalu berpisah lagi. Kondisi itu oleh psikolog lebih tepat disebut sebagai post-concert blues.

Biasanya, seusai acara konser atau festival musik, warganet ramai membahas idolanya.Ada beragam ekspresi yang muncul dari para warganet yang mengalami post-concert depression (PCD). Beberapa dari mereka akan mengunggah fancam atau video suasana konser. Mereka juga akan membuat playlist lagu konser dan didengarkan untuk mengobati kerinduan terhadap konser idolanya tersebut. Fenomena psikologis seseorang yang tidak bersemangat atau sedih menjalani aktivitas seusai menonton konser terjadi karena perubahan emosi drastis saat dan setelah selesai menonton konser musik.

Editor:
DAHONO FITRIANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000