Hari Ketiga Lebaran, MRT Jakarta Layani 57.922 Penumpang
Libur Lebaran 2022 di saat pandemi Covid-19, angkutan umum panen penumpang. MRT Jakarta melayani penumpang dengan jumlah tertinggi di hari ketiga libur Lebaran. Transjakarta dan KRL juga dipadati penumpang.
Oleh
HELENA FRANSISCA NABABAN
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Libur Lebaran 2022 yang dibarengi sejumlah pelonggaran membuat masyarakat Jakarta dan sekitarnya berani bepergian dengan angkutan umum. MRT Jakarta mencatat angka penumpang harian tertinggi di hari ketiga libur Lebaran 2022 dengan melayani 57.922 orang.
Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial, Kamis (5/5/2022), menjelaskan, pada libur Lebaran 2022, antusiasme warga untuk mendatangi stasiun dan menjajal perjalanan dengan kereta MRT Jakarta meningkat.
Pada Rabu (4/5/2022) tercatat 57.922 orang menggunakan layanan MRT Jakarta. ”Angka ini menunjukkan jumlah penumpang tertinggi sepanjang tahun ini sejak Januari 2022,” kata Rendi.
Dibandingkan saat liburan Lebaran tahun sebelumnya, angka penumpang di hari ketiga libur Lebaran meningkat 119 persen. Pada periode yang sama tahun lalu, jumlah penumpang yang dilayani 26.499 orang. Stasiun yang paling banyak dikunjungi antara lain Stasiun Bundaran HI, Blok M BCA, Lebak Bulus Grab, dan Dukuh Atas BNI.
Sejumlah revitalisasi yang telah dilakukan melalui kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sejumlah pihak, menurut Rendi, juga menarik perhatian masyarakat. Di antaranya, Sarinah, Terowongan Kendal, dan Taman Dukuh Atas, berbagai pusat perbelanjaan terintegrasi di sepanjang jalur MRT Jakarta hingga obyek wisata yang dapat dijangkau dengan bus pengumpan Transjakarta atau PPD dengan tujuan Kota Tua, Jakarta International Stasiun, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Maju PIK, Ancol, hingga Jembatan Penyeberangan Orang Pinisi.
Berdasarkan pengamatan di stasiun, Rendi menambahkan, cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta. Selain itu, terdapat beberapa wisatawan dari luar kota Jakarta yang masih awam dengan fasilitas MRT Jakarta.
”Kondisi ini menimbulkan kepadatan di beberapa stasiun karena pergerakan pengguna sedikit terhambat. Untuk itu, MRT Jakarta menempatkan petugas stasiun pada titik simpul kepadatan di stasiun untuk memberikan bantuan kepada pengguna dan membantu mengurai kepadatan,” ujar Rendi.
Selain MRT Jakarta, Transjakarta juga mencatat antusiasme penumpang dengan adanya layanan bus wisata gratis. Antusiasme warga terlihat sejak hari pertama pengoperasian kembali bus tingkat wisata berkode BW itu.
Iwan Samariansyah, Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan, pada hari pertama beroperasi, Selasa (3/5/2022), tercatat sebanyak 4.669 pelanggan yang menjajal bus wisata. Angka itu naik menjadi 5.548 orang pada hari kedua, Rabu (4/5/2022).
Iwan melanjutkan, melihat antusiasme masyarakat, jumlah pelanggan bus wisata akan terus mengalami kenaikan hingga akhir pekan mendatang. Utamanya seiring dengan berakhirnya libur Lebaran.
Sebagai informasi, bus wisata Transjakarta itu melayani masyarakat selama satu minggu, 3-8 Mei 2022. Adapun layanan ini beroperasi mulai pukul 10.00-21.00 dengan tarif Rp 0 atau gratis.
Transjakarta menyediakan dua rute bus wisata, yaitu Jakarta Modern (BW2) dengan rute Juanda Istiqlal (PP) dan Pencakar Langit (BW4) dengan rute IRTI Monas (PP).
KAI Commuter juga mencatat kenaikan jumlah penumpang pada libur Lebaran 2022 ini. Sampai hari ketiga libur Lebaran 2022, pengguna kereta komuter sebanyak 362.795 orang.
”Angka ini bertambah 2 persen dibandingkan dengan hari kedua libur Lebaran,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Erni Sylvianne Purba.
Beberapa stasiun yang merupakan tujuan destinasi wisata diramaikan pengguna yang mayoritas pengguna musiman dengan karakteristik membawa sanak keluarga. Stasiun Bogor, misalnya, hingga Rabu (4/5/2022) pukul 17.00 menjadi stasiun yang ramai dengan 38.688 pengguna. Angka ini bertambah 2 persen dibandingkan dengan hari kemarin.
Sementara Stasiun Jakarta Kota sebagai stasiun destinasi wisata juga padat penumpang. Volume pengguna hingga pukul 17.00 sebanyak 23.066 pengguna atau bertambah 38 persen dibandingkan dengan Selasa (3/5/2022).
Di Stasiun Depok Baru tercatat ada 14.089 pengguna atau berkurang 7 persen. Kemudian Stasiun Citayam ada 12.751 pengguna, berkurang 15 persen dibandingkan dengan Selasa (3/5/2022). Selanjutnya, Stasiun Bojong Gede dengan 12.045 pengguna, berkurang 18 persen dibandingkan dengan Selasa (3/5/2022).
Secara keseluruhan, Purba menambahkan, selama 12 hari masa posko angkutan Lebaran dari 22 April hingga 3 Mei kemarin, KAI Commuter melayani 6.092.715 pengguna KRL Jabodetabek. Volume penumpang tertinggi pada 25 April, yaitu 650.029 pengguna.