logo Kompas.id
MetropolitanKesetiaan Pengguna Angkutan...
Iklan

Kesetiaan Pengguna Angkutan Umum

Angkutan umum tidak hanya sekadar cara bepergian di metropolitan Jabodetabek, namun juga bisa menjadi sebuah sarana berbuat kebaikan.

Oleh
SATRIO PANGARSO WISANGGENI, ALBERTUS KRISNA PRATAMA PUTRA, MARGARETHA PUTERI ROSALINA
· 4 menit baca
Bus Transjakarta melintas di Jembatan Layang Roxy, Jakarta Pusat Senin (18/1/2021). Moda transportasi massal ini menjadi penopang utama transportasi publik bagi warga Jakarta. Transjakarta kini telah beroperasi selama 17 tahun sejak armada Transjakarta pertama kali beroperasi di Koridor 1 Blok M-Kota pada 15 Januari 2004.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI (RAD)

Bus Transjakarta melintas di Jembatan Layang Roxy, Jakarta Pusat Senin (18/1/2021). Moda transportasi massal ini menjadi penopang utama transportasi publik bagi warga Jakarta. Transjakarta kini telah beroperasi selama 17 tahun sejak armada Transjakarta pertama kali beroperasi di Koridor 1 Blok M-Kota pada 15 Januari 2004.

Di tepi Jalan Pajajaran Tangerang Selatan, tepat di seberang Universitas Pamulang, Endang (73) menghentikan angkot jurusan Muncul-Ciputat. Tangan kirinya berpegang erat pada pegangan pintu sementara kaki kanannya bergerak menaiki angkot sebagai tumpuan. Sambil mengucap ‘Bismillah’, pensiunan bankir itu perlahan masuk ke dalam mobil berkelir putih tersebut.

Memilih tempat duduk di belakang, Endang sesekali mengobrol dengan sopir. Siang itu, ia pun mengajak bicara penumpang lainnya untuk sekadar menyapa. Hal inilah salah satu yang membuat Endang merasa senang naik angkutan umum.

Editor:
KHAERUDIN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000