logo Kompas.id
MetropolitanUsut dan Tindak Tegas Pemicu Longsor Rumpin

Usut dan Tindak Tegas Pemicu Longsor Rumpin

Pemerintah sudah seharusnya tidak abaikan suara masyarakat, apalagi membiarkan perusahaan yang merusak lingkungan. Sebab, melalaikan sama saja membiarkan kejahatan itu sendiri.

Oleh AGUIDO ADRI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Warga berdiri di tepian tebing sisa longsor di Kampung Jati Nunggal, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/9/2021). Tanah longsor yang terjadi pada Jumat (10/9/2021) akibat aktivitas penambangan batu ini berdampak pada sejumlah kerusakan, seperti rumah warga dan putusnya jalan desa.

Ancaman banjir dan longsor masih mengintai masyarakat warga di Kampung Ciater dan Kampung Jati Nunggal, Desa Cipinang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di kawasan kedua kampung itu, kejadian longsor menerus terjadi. Dalam satu bulan terakhir, longsor berawal dari rentetan runtuhan kecil yang bermula sejak Selasa (3/8/2021).

Pada Jumat (10/9/2021), terjadi longsor besar yang menyebabkan tiga rumah rusak berat dan belasan rumah lainnya rusak ringan. Sebanyak 17 keluarga atau 93 warga terpaksa mengungsi. Longsor juga menyebabkan jalan akses utama antara Kampung Ciater dan Kampung Jati Nunggal terputus.

Editor: Neli Triana
Bagikan
Memuat data..