logo Kompas.id
MetropolitanPekerja Terabaikan dan Terimbas Penyekatan Larangan Mudik

Pekerja Terabaikan dan Terimbas Penyekatan Larangan Mudik

Polda Metro Jaya akan berlakukan buka tutup jalan di Gerbang Tol Cikarang Barat. Hal ini untuk merespons teriakan pekerja akibat akses ke tempat mereka bekerja ditutup pada Kamis (6/5/2021) pagi.

Oleh STEFANUS ATO/ERIKA KURNIA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara kemacetan lalu lintas di Gerbang tol Cikarang Utama akibat penyekatan arus mudik kendaraan di Jalan Tol Cikampek Km 31, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021).

BEKASI, KOMPAS — Penyekatan larangan mudik masif dilakukan petugas gabungan dari Polri, TNI, dan dinas perhubungan sejak Kamis (6/5/2021) dini hari di berbagai ruas jalan di Jakarta hingga berbagai pelosok daerah. Pengetatan mobilitas warga agar tak mudik demi mencegah penularan Covid-19 mengabaikan hak para pekerja, terutama akses ke perusahaan mereka bekerja. Pemerintah, pengusaha, hingga asosiasi serikat pekerja bahkan melupakan keberadaan para pekerja.

Ratusan pekerja, Kamis (6/5/2021) pukul 06.00-07.00 di Km 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, protes dan berteriak. Akses mereka ke perusahaan ditutup petugas. Padahal, mereka sama sekali belum berpikir tentang mudik.

Editor: Neli Triana
Bagikan
Memuat data..