Dimulainya tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika mendulang perhatian warganet dunia. Keberhasilan penyelenggaraan tes pramusim membentuk percakapan yang cenderung positif tentang Sirkuit Mandalika.
Oleh
ANDREAS YOGA PRASETYO
·4 menit baca
Kejuaraan MotoGP memiliki magnet tersendiri bagi penggemar balap motor dunia. Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, kejuaraan MotoGP disaksikan langsung oleh 2.863.113 penonton di seluruh penyelenggaran sepanjang 2019. Chang International Circuit (Thailand), Le Mans (Perancis), dan Sachsenring (Jerman) merupakan tiga sirkuit yang banyak didatangi penggemar MotoGP. Ketiga sirkuit ini mampu mendatangkan 634.140 orang penonton.
Kondisi yang hampir sama juga terlihat di kejuaraan 2018. Terdapat 2.884.242 penonton dengan kursi penonton terbanyak di Thailand, Perancis, dan Jerman. Sepanjang tiga hari penyelenggaraan balap motor pada 2018, total 222.535 penonton mendatangi Chang International Circuit. Sedangkan penonton di Sirkuit Le Mans tercatat ada 206.617 orang.
Di luar penonton yang langsung menyaksikan aksi Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Joan Mir, Alex Rins, Marc Marquez, Pol Espargaro, Luca Marini dan Marco Bezzecchi, jutaan penonton juga mengikuti kejuaraan ini melalui media televisi dan media sosial.
Siaran langsung MotoGP dapat menjangkau lebih dari 200 negara dan 432 juta rumah tangga di dunia. Untuk setiap seri balapan, siaran langsung yang dipancarkan ke seluruh dunia mencapai 18 jam. Total siaran langsung MotoGP yang disiarkan sepanjang musim mencapai 22.208 jam tayang. Tidak heran jika hak siar ini menjadi salah satu pendapatan bisnis MotoGP.
Dorna Sports sebagai penyelenggara Kejuaraan MotoGP mencatat kontribusi hak siar ini mencapai 66 persen pendapatan pada 2020 yaitu sebanyak 137 juta Euro. Jumlah tersebut mengalami penurunan 35 persen dibanding 2019 sebagai dampak pandemi.
Selain melalui siaran langsung televisi, para penggemar MotoGP dapat mengikuti ajang kejuaraan ini melalui laman dan akun resmi MotoGP di media sosial. Salah satu konten unggulan yang dibuat khusus untuk para penggemar balap motor ini adalah Video Pass MotoGP.
Platform video daring MotoGP ini menawarkan siaran langsung, aneka konten balapan khusus, hingga tayangan ulang. Hanya saja konten ini dibuat dengan skema berbayar, artinya para penggemar harus berlangganan untuk mengakses konten-konten berkualitas tersebut.
Aksi para pebalap dunia di MotoGP juga diikuti audiens di media sosial. Akun resmi MotoGP di Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube banyak diikuti audiens dunia untuk mendapatkan informasi terkini seputar MotoGP.
Hingga 12 Februari 2022, akun Facebook MotoGP yang menyajikan foto, video, informasi agenda acara, dan siaran langsung ini diikuti lebih dari 17,1 juta followers. Konten video terpopuler saat ini di akun Facebook MotoGP adalah tampilan perdana di venue #MotoGP baru di Indonesia yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit.
Salah satu keunggulan konten di akun Facebook MotoGP adalah tayangan Facebook Watch yang menampilkan konten video pendek berdurasi antara tiga hingga 13 menit yang dapat dinikmati oleh penggemar MotoGP di seluruh dunia.
Di luar Facebook, akun media sosial lain juga memiliki jumlah pengikut yang besar seperti Twitter yang diikuti 2,9 juta followers, Instagram dengan 12,1 juta pengikut, dan Youtube dengan 4,66 juta subscribers. Dari empat platform digital dan media sosial ini, penggemar MotoGP sudah terkumpul 36,7 juta pengikut.
Pengaruh
Konten video terbaru yang diunggah di akun Facebook MotoGP adalah aktivitas tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Konten video tes pramusim hari pertama tersebut sudah ditonton sebanyak 213.000 kali dengan 27.000 interaksi (engagement) dari warganet berupa likes dan komentar.
Penyelenggaraan tes pramusim mendominasi konten MotoGP di media sosial dalam satu pekan terakhir. Dari pantauan pencarian dan percakapan di media sosial melalui aplikasi Talkwalker, sepanjang 8-14 Februari 2022 muncul 160,3 ribu hasil pencarian di media sosial dengan 2,2 juta interaksi warganet. Mandalika test, MotoGP, Mandalika, Pertamina MotoGP, atau Sirkuit Mandalika merupakan tagar-tagar yang banyak mendapat interaksi warganet dunia.
Keberadaan akun resmi MotoGP dan akun-akun pebalap yang turut menyebarkan informasi seputar tes pramusim ini membuat konten MotoGP dan Sirkuit Mandalika banyak diperbincangkan warganet. Dari penelusuran akun yang berpengaruh dalam satu pekan ini, terdapat tiga influencer yaitu akun Titktok Ducati, akun Youtube MotoGP, dan akun Twitter Marc Marquez yang banyak mendapat interaksi dari warganet.
Akun Tiktok Ducati mengunggah video kegiatan unboxing motor balap yang akan digunakan di Sirkuit Mandalika. Konten yang diunggah pada 9 Februari 2022 tersebut sudah ditonton 876,2 ribu kali dan 106,8 ribu likes dan komentar dari warganet.
Influencer lain adalah akun Twitter dan Youtube MotoGP. Di Twitter, akun resmi MotoGP ini pada 12 Februari 2022 membagikan deretan foto keindahan Sirkuit Mandalika disertai kutipan “What an incredible place! The Mandalika Circuit is firmly in the category of most beautiful circuits in the world.”
Konten lain muncul dari akun Youtube yang mengunggah video hari kedua para pebalap mencoba Sirkuit Mandalika dalam durasi 3 menit dan 11 detik. Akun resmi MotoGP yang sudah ditonton 773.687 kali tersebut juga menyelipkan keindahan sirkuit yang memukau dan para pebalap yang semakin nyaman mencoba sirkuit di hari kedua.
Demikian pula dengan influencer lain yaitu akun Twitter Marc Marquez yang menyebarkan informasi tentang tes hari pertama di Sirkuit Mandalika. Konten pebalap terkemuka ini sudah mendapatkan 17,3 ribu komentar dan likes dari warganet.
Kebanggaan
Total terdapat tujuh konten muncul dari akun Youtube MotoGP di pekan ini. Sedangkan akun Tiktok Ducati memunculkan empat konten seputar tes pra musim di Sirkuit Mandalika. Munculnya influencer baik itu figur atau lembaga dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan setidaknya dapat dilihat dari dua aspek.
Pertama dari pendekatan fungsi dan keterikatan influencer. Keberadaan akun-akun berpengaruh ini memiliki peran toinform atau menginformasikan suatu informasi atau produk ke audiens di media sosial.
Dengan modal jumlah pengikut (reach), keterikatan, dan kesamaan nilai yang dimiliki, akun berpengaruh memiliki kekuatan hingga memengaruhi pengikutnya. Tidak heran jika warganet kemudian tertarik untuk berinteraksi dengan konten yang ditampilkan influencer tersebut. Dalam konteks isu Mandalika, interaksi ini terlihat dari komentar dan ekspresi yang diperlihatkan warganet menanggapi konten yang ditampilkan para influencer.
Aspek kedua adalah tataran kredibilitas. Akun berpengaruh tersebut memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi karena bersumber dari lembaga atau orang yang terlibat langsung dalam penyelenggaran balap motor. Kredibilitas tiga akun berpengaruh ini terlihat dari pembentukan sentimen positif bagi Sirkuit Mandalika.
Jika dirata-rata dari 10 interaksi yang muncul dalam satu pekan terakhir (8-14 Februari 2022), sebanyak empat engagement cenderung membentuk sentimen positif dan negatif. Tiga interaksi menunjukkan kecenderungan orientasi positif, sedangkan satu interaksi cenderung membentuk sentimen negatif.
Kredibilitas akun yang berpengaruh turut membentuk citra positif terhadap penyelenggaraan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika. Citra positif yang diberikan oleh akun resmi dan pebalap dunia memberikan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Secara tidak langsung hal ini menjadi gambaran keyakinan pihak luar bahwa Indonesia bisa menyelenggarakan event dunia dan sejajar dengan sejumlah negara yang telah terlebih dahulu menggelar kejuaraan MotoGP.
Apresiasi dunia ini menjadi modal penting bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kejuaraan sesungguhnya di bulan Maret 2022 mendatang. Selain itu, citra positif tersebut dapat menjadi pemicu atau “bahan bakar” bagi tim yang bekerja di lapangan untuk membenahi masukan terkait teknis yang sempat dikeluhkan sejumlah pebalap di tes pramusim.
Beberapa keluhan yang terekam dari penyelenggaraan tes pramusim adalah trek yang kotor akibat hujan, paparan debu sebagai dampak dari penyelesaian proyek di luar lintasan, serta kerikil yang terpental dari pebalap yang melaju di depan pebalap lain.
Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP memiliki persyaratan serta standar sirkuit mulai dari kondisi lintasan, area gravel (kerikil), aspal lintasan, area run-off, sistem drainase, ruang pengendali balapan, jaringan satelit, penataan area paddock, pusat medis, hingga pencatatan waktu balapan.
Sebagai bagian dari keselamatan pebalap dan reputasi penyelenggara, keluhan-keluhan tersebut harus segera mendapat perhatian dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA) agar saat balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 nanti, sirkuit berada dalam kondisi prima untuk menyambut aksi para pebalap motor dunia. Ini sekaligus juga untuk menjaga pamor Sirkuit Mandalika tetap memesona di mata dunia. (LITBANG KOMPAS)