logo Kompas.id
InternasionalBanyak Jalan Mengeroyok China

Banyak Jalan Mengeroyok China

Negara-negara kekuatan utama dunia masing-masing punya penilaian berbeda soal tantangan dan ancaman yang dihadirkan China kepada mereka. Namun, tujuan mereka sama: mengeroyok China.

Oleh
kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Foto tanggal 9 Januari 2008 yang dirilis Angkatan Laut AS ini memperlihatkan kapal selam rudal balistik kelas Ohio, USS Wyoming, mendekati Pangkalan Kapal Selam Angkatan Laut AS di Kings Bay, Georgia, AS.

Perancis bersama mitranya di Uni Eropa memang marah kepada Amerika Serikat, Australia, dan Inggris. Meski marah, mereka tetap punya tujuan sama: mengeroyok China. Dari London sampai Washington hingga ke Canberra dan Tokyo serta New Delhi, semua menganggap Beijing sebagai ancaman.

Aliansi Australia-AS-Inggris yang bernama AUKUS jelas bukan blok perdagangan meski ada janji saling mendukung industri dan rantai pasok sektor pertahanan. Canberra-London-Washington sama-sama memandang Beijing sebagai ancaman. Bahkan, Presiden AS Joe Biden beberapa kali menyatakan bahwa masa depan AS ditentukan dari hasil persaingan dengan China.

Editor:
samsulhadi
Bagikan