logo Kompas.id
InternasionalIndonesia Hibahkan Rp 42,76 Miliar ke Afghanistan

Indonesia Hibahkan Rp 42,76 Miliar ke Afghanistan

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan kebutuhan dana kemanusiaan untuk Afghanistan senilai 606 juta dollar Amerika Serikat (AS). Indonesia berkomitmen menyumbang 3 juta dollar AS atau Rp 42,76 miliar.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Siswi menaiki tangga sekolah mereka menuju ruang kelas masing-masing di Kabul, Afghanistan, Minggu (12/9/2021). Pemberdayaan dan perlindungan hak perempuan di Afghanistan menjadi fokus banyak negara.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia berkomitmen memberikan tambahan bantuan senilai 3 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 42,76 miliar untuk Afghanistan. Bantuan ini merupakan bagian dari upaya internasional menolong 14 juta warga Afghanistan yang membutuhkan bantuan kemanusiaan darurat. Akibat krisis multidimensi, cadangan pangan di Afghanistan menipis sehingga menyebabkan jutaan warga kehabisan stok makanan pada Oktober 2021.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan komitmen bantuan itu pada Pertemuan Menteri tentang Kondisi Kemanusiaan di Afghanistan yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual, Senin (13/9/2021) malam. Bantuan Indonesia akan diberikan kepada mitra di Afghanistan. ”Keselamatan dan kehidupan masyarakat Afghanistan adalah prioritas utama,” ujarnya.

Editor: laksanaas
Bagikan
Memuat data..