logo Kompas.id
InternasionalIAEA: Pengayaan Uranium Iran Dekati Level Buat Senjata

IAEA: Pengayaan Uranium Iran Dekati Level Buat Senjata

Laporan terbaru IAEA menyebut pengayaan uranium Iran mendekati level untuk pembuatan senjata nuklir. Iran manyatakan mau kembali pada batas pengayaan uranium dalam kesepakatan nuklir 2015 jika AS mencabut sanksinya.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP PHOTO / HO / IRANIAN PRESIDENCY

Foto yang dirilis oleh kantor kepresidenan Iran, 10 April 2021, ini memperlihatkan tayangan layar video konferensi seorang insinyur yang bekerja di fasilitas pengayaan uranium Natanz dalam sebuah upacara yang dipimpin presiden Iran pada Hari Teknologi Nuklir Iran di Teheran, Iran.

VIENNA, RABU — Badan Tenaga Atom Internasional atau IAEA mengeluarkan  laporan yang menyatakan  percepatan pengayaan uranium Iran telah mendekati tingkat pengayaan uranium yang bisa digunakan sebagai bahan senjata. Dalam laporan IAEA yang dilihat  kantor berita Reuters, disebutkan tingkat kemurnian uranium Iran telah mencapai 60 persen, meningkat beberapa kali lipat dibandingkan pengayaan pada April lalu yang baru  20 persen.

Dalam laporan terbarunya, Selasa (17/8/2021), IAEA menyebutkan, untuk mempercepat pemurnian uranium, para ahli nuklir Iran menggunakan dua pengayaan bertingkat (cascade) atau kluster dari mesin sentrifugal. Pada Mei lalu, laporan IAEA menyebut proses pengayaan uranium di fasilitas nuklir Natanz, yang pernah disabotase intelijen Israel, baru menggunakan satu pengayaan bertingkat saja.

Editor: samsulhadi
Bagikan