logo Kompas.id
InternasionalHadang China, AS Galang Aliansi di Asia Tenggara

Hadang China, AS Galang Aliansi di Asia Tenggara

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Llyod Austin akan menggalang aliansi anti-China dalam lawatannya ke Asia Tenggara mulai Selasa (27/7/2021). AS semakin agresif menggalang aliansi untuk bersaing dengan China.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...

Protes warga Korea Selatan di sela-sela lawatan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Llyod Austin ke Seoul pada Maret 2021. Austin berusaha menggalang aliansi anti-China di kawasan. Pada akhir Juli 2021, giliran Asia Tenggara disambangi Austin dengan tujuan yang sama

ALASKA, SENIN — Menteri Pertahanan Amerika Serikat Llyod Austin memulai lawatan ke Asia Tenggara, Selasa (27/7/2021). Targetnya adalah menggalang aliansi anti-China dengan cara menyakinkan sejumlah negara di kawasan soal komitmen Amerika Serikat pada Asia Tenggara.

Austin meninggalkan Alaska pada Senin dengan tujuan pertama ke Singapura. Dari Singapura, ia akan melawat ke Vietnam dan Filipina, dua anggota ASEAN yang berebut perairan dengan China. ”Saya akan menegaskan posisi kami pada klaim tidak berdasar China di Laut China Selatan,” kata Austin.

Editor: Laksana Agung Saputra
Bagikan
Memuat data..