logo Kompas.id
InternasionalCovid-19 Timbulkan Efek ”Jaringan Parut” pada Ratusan Juta Pekerja di Dunia

Covid-19 Timbulkan Efek ”Jaringan Parut” pada Ratusan Juta Pekerja di Dunia

Pandemi Covid-19 menyebabkan krisis pasar lapangan kerja global selama tahun-tahun mendatang. Pemulihan diperkirakan baru dimulai pada paruh kedua tahun 2021.

Oleh Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
FABRICE COFFRINI/AFP

Kelompok Doctors for Extinction Rebellion memakai jas kedokteran dan masker saat berpawai di depan markas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di sela-sela pertemuan Majelis Kesehatan WHO di Geneva, Swiss, 29 Mei 2021. Organisasi Buruh Internasional (ILO), Rabu, 2 Juni 2021, melaporkan, Covid-19 telah menciptakan krisis global bagi pasar tenaga kerja yang berkepanjangan.

GENEVA, KAMIS — Organisasi Buruh Internasional, Rabu (2/6/2021) di Geneva, melaporkan, Covid-19 telah menciptakan krisis global terparah bagi pasar tenaga kerja selama bertahun-tahun ke depan. Hal ini menimbulkan dan memperburuk efek ”jaringan parut” jangka panjang pada pekerja dan perusahaan.

Badan PBB itu membuat laporan setebal 164 halaman dengan tajuk ”World Employment and Social Outlook: Trends 2021”. Disebutkan, krisis pasar tenaga kerja global akibat penyebaran pandemi yang tak terperikan dan ”tidak tertandingi” akan memengaruh pasar tenaga kerja dalam waktu yang lama.

Editor: Fransisca Romana Ninik W
Bagikan
Memuat data..