logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บPulihkan Hutan Jangan Lupakan ...
Iklan

Pulihkan Hutan Jangan Lupakan Satwanya

Dengan menyebarkan benih, hewan dapat dengan cepat membangun kembali keanekaragaman tumbuhan di hutan yang terdegradasi.

Oleh
ICHWAN SUSANTO
ยท 4 menit baca
Mayoritas pemimpin negara G20 di sela-sela kegiatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali ikut menanam pohon mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai , Rabu (16/11/2022).  Pemulihan ekosistem melalui penanaman pohon perlu juga didukung penyelamatan fauna liar setempat yang akan membantu mempercepat restorasi.
AFP/POOL/ALEX BRANDON

Mayoritas pemimpin negara G20 di sela-sela kegiatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali ikut menanam pohon mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai , Rabu (16/11/2022). Pemulihan ekosistem melalui penanaman pohon perlu juga didukung penyelamatan fauna liar setempat yang akan membantu mempercepat restorasi.

Saat pembicaraan iklim PBB ditutup di Mesir dan pembicaraan keanekaragaman hayati akan dimulai di Montreal, Kanada, perhatian dunia masih tertuju pada restorasi hutan sebagai solusi untuk isu krisis iklim yang telah merongrong planet kita. Hutan memiliki jasa ekosistem sebagai penyerap karbon dioksida di atmosfer dan sekaligus menciptakan habitat bagi organisme serta sumber kehidupan bagi masyarakat tradisional .

Sejauh ini, upaya untuk membantu hutan bangkit kembali dari deforestasi biasanya berfokus pada peningkatan luas tutupan area yang dihutankan kembali. Biasanya ukuran yang dipakai hanya pada jumlah pohon yang ditanam.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan