logo Kompas.id
HumanioraLayanan Kesehatan Jiwa Belum...
Iklan

Layanan Kesehatan Jiwa Belum Terintegrasi

Integrasi layanan kesehatan jiwa yang tersedia di masyarakat perlu dilakukan. Penguatan layanan pun perlu disertai dengan edukasi dan sosialisasi. Kesadaran masyarakat terkait kesehatan jiwa masih kurang.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
Aktivitas orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dalam perawatan di panti rehabilitasi disabilitas mental Yayasan Jamrud Biru, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Sebanyak 215 orang dengan gangguan jiwa dirawat di yayasan tersebut. Berbagai tekanan yang dihadapi manusia di tengah pandemi Covid-19 menyebabkan kerentanan pada kesehatan jiwa.
KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS)

Aktivitas orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dalam perawatan di panti rehabilitasi disabilitas mental Yayasan Jamrud Biru, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Sebanyak 215 orang dengan gangguan jiwa dirawat di yayasan tersebut. Berbagai tekanan yang dihadapi manusia di tengah pandemi Covid-19 menyebabkan kerentanan pada kesehatan jiwa.

JAKARTA, KOMPAS — Risiko terjadinya gangguan jiwa pada masyarakat selama masa pandemi Covid-19 mendorong banyak pihak untuk menyediakan layanan kesehatan jiwa. Meski begitu, layanan yang tersedia masih sporadis sehingga pelayanan yang diberikan tidak optimal.

Psikolog yang juga anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jaya Edward Andriyanto Sutardhio mengatakan, layanan telekonsultasi kesehatan jiwa yang merupakan inisiatif kelompok masyarakat serta pemerintah telah banyak tersedia di masyarakat. ”Layanan yang sudah terbentuk ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan, terutama pada layanan screening (penapisan). Integrasi pun perlu dilakukan sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih baik,” katanya dalam diskusi daring terkait pembahasan rekomendasi respons Covid-19 dalam kesehatan jiwa yang diikuti dari Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000