S-Presso dan New Baleno, Dua Jagoan Suzuki untuk Menyasar Generasi Milenial
Suzuki makin yakin menggarap pasar generasi milenial dengan menjagokan dua produk baru di GIIAS 2022, yakni New Suzuki Baleno dan Suzuki S-Presso,
Oleh
MAHDI MUHAMMAD
·3 menit baca
PT Suzuki Indomobil Sales ingin meneguhkan posisinya sebagai produsen mobil yang menyasar generasi milenial, anak muda yang masih berstatus single atau keluarga muda, di Indonesia. Untuk mewujudkan ambisinya, PT SIS meluncurkan dua produk kendaraannya sekaligus pada pembukaan GIIAS 2022 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022) lalu.
Dua produk yang diluncurkan Suzuki adalah New Suzuki Baleno yang selama ini telah dikenal lama oleh konsumen setia pabrikan otomotif Jepang ini. Satu lagi, yaitu Suzuki S-Presso, mobil mungil berkonsep city-car.
”Hari ini kami sangat senang memperkenalkan dua model baru yang cocok dengan gaya hidup masyarakat urban, yaitu Baleno dan S-Presso. Dengan keunggulan masing-masing, kami yakin keduanya dapat berkontribusi terhadap peningkatan pasar hatchback dan city car Indonesia,” kata Presiden Direktur Suzuki Indonesia Shingo Sezaki. Dia menambahkan, penyempurnaan Baleno dan peluncuran produk baru S-Presso mewakili konsumen di Indonesia yang makin berkembang dan beragam.
Penyempurnaan Baleno dilakukan tim desainer Suzuki, tidak hanya pada bagian eksterior, tapi juga di bawah kap mesin. Edisi sebelumnya, Baleno mengusung mesin K14B, kini Baleno 2022 menggunakan mesin K15B yang juga digunakan pada Suzuki Jimny, salah satu produk legendaris Suzuki. Dengan mesin baru K15B berkonfigurasi 4 silinder, Baleno baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 104,6 PS pada putaran mesin 6.000 RPM. Torsi puncak menyentuh 138 Nm di 4.400 rpm.
Produk anyar yang diharapkan menjadi unggulan PT SIS di pasar otomotif Indonesia adalah S-Presso. S-Presso, yang menurut PT SIS dikategorikan sebagai city-car, dengan ukuran dimensi panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.565 mm, diyakini memberikan keunggulan ketika bermanuver di jalan-jalan sempit, kecil atau wilayah dengan keterbatasan lahan parkir, seperti Jakarta.
Keunggulan lainnya adalah ground-clearance yang tinggi, 180 mm, sehingga membuat mobil mungil ini diyakini akan dengan mudah melahap jalanan tidak rata atau berlubang atau saat melewati genangan air ketika hujan.
Sementara pada bagian mesin S-Presso, para insinyur Suzuki menanamkan mesin K10B DOHC yang diklaim irit bahan bakar di tengah melonjaknya harga minyak dunia.
Deputi Direktur Sales dan Marketing PT SIS Hady S Halim mengatakan, kedua produk baru andalan Suzuki memiliki keunggulan masing-masing dibandingkan produk kompetitornya. ”Dengan biaya perawatan yang terjangkau, produk ini sangat value for money,” katanya.
Baleno hadir dalam pilihan transmisi manual (MT) dan otomatis (AT) dengan menawarkan tujuh pilihan warna, yaitu Luxe Beige, Celestial Blue, Splendid Silver, Opulent Red, Grandeur Grey, Arctic White, dan Pearl Midnight Black. New Baleno ini ditawarkan dengan harga Rp 262.900.000 untuk varian MT dan Rp 274.900.000 untuk varian AT.
Sementara S-Presso tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan AGS (Auto Gear Shift) serta 6 pilihan warna, yaitu Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic. Mobil baru ini dibanderol Rp 155.000.000 untuk varian MT dan Rp 164.000.000 untuk varian AGS. Semua harga dalam kondisi on the road di DKI Jakarta.
Selain dua produk anyarnya, booth Suzuki seluas 920 meter persegi juga memamerkan 10 lini produk unggulan mereka, seperti XL7, Jimny, hingga All New Ertiga Hybrid yang menjadi LMPV elektrifikasi pertama di Indonesia.
Masyarakat yang penasaran dengan tampilan Baleno dan S-Presso dapat mengunjungi booth Suzuki Indonesia di GIIAS 2022 yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang. Selain itu, untuk merasakan langsung sensasi mengendarai Baleno dan S-Presso, pengunjung juga bisa melakukan test drive selama 11-21 Agustus 2022.