The Game Awards 2020, Merayakan Ketangguhan Gim di Tengah Pandemi Covid-19
Tahun 2020 adalah tahun di mana industri gim tetap dapat tersenyum, kontras dengan industri film yang terpukul berat. The Last of Us Part II meraih penghargaan gim terbaik tahun ini.
Oleh
satrio pangarso wisanggeni
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Melalui The Game Awards 2020, industri gim merayakan pencapaiannya pada tahun pandemi ini. Ini adalah tahun di mana industri gim tetap dapat tersenyum, kontras dengan industri film yang terpukul berat.
Gim aksi-petualangan The Last of Us Part II menyabet gim terbaik tahun 2020 sekaligus gelar juara terbanyak dengan tujuh penghargaan pada malam penganugerahan Game Awards 2020 yang digelar pada Jumat (11/12/2020) pagi waktu Indonesia.
Gim karya firma Naughty Dog ini berhasil mengalahkan gim simulasi kehidupan Animal Crossing: New Horizons karya Nintendo, Doom Eternal (Id Software/Bethesda), Final Fantasy VII Remake (Square Enix), Ghost of Tsushima (Sucker Punch), dan Hades (Supergiant Games).
Selain gim terbaik 2020, The Last of Us Part II juga menyabet enam penghargaan lainnya, yakni Best Game Direction, Best Narrative, Best Audio Design, Innovation in Accessibility, dan Best Action/Adventure, serta penghargaan Best Performance untuk Laura Bailey yang memainkan karakter Abby dalam gim tersebut.
The Last of Us Part II adalah sekuel dari The Last of Us (2013) yang juga memenangi banyak penghargaan. Secara garis besar, seri gim ini menceritakan kisah perjuangan seorang gadis remaja bertahan hidup di dunia yang telah kacau akibat pandemi jamur yang membuat sebagian besar populasi manusia menjadi semacam zombi atau mayat hidup.
Sutradara ternama Christopher Nolan menjadi presenter yang membacakan nominasi dan menganugerahkan penghargaan Best Game of The Year.
”Saya melihat banyak kesamaan bagaimana pilihan pemain dalam bermain gim berpotongan dengan metode penceritaan kisah yang tradisional; sangat seru dan cukup revolusioner. Malam ini, keenam nomine gim terbaik adalah karya tertinggi dalam bidang immersive story telling,” kata Nolan.
Penghargaan ini diterima secara virtual oleh Co-president Naughty Dog, Neil Druckmann.
”Kepada semua di Naughty Dog, saya ingin memeluk, high five, dan minum bersama kalian semua, tetapi sayangnya harus menunggu hingga tahun depan. Terima kasih kepada seluruh keluarga kami yang telah mendukung kami dalam membuat gim ini,” ucapnya singkat.
Gim Ghost of Tsushima di sisi lain mendapat penghargaan Player’s Voice, di mana pemenang dalam kategori ini dipilih melalui voting yang dibuka bagi publik. Gim yang menceritakan samurai Jepang di masa invasi pasukan Mongol ini juga memenangi kategori Best Art Direction.
Meski telah dirilis pada 2018, gim Among Us mendapat dua penghargaan. Gim karya InnerSloth yang meledak pada pertengahan 2020 ini mendapat dua penghargaan: Best Mobile Game dan Best Multiplayer.
Adapun gim hasil pembuatan ulang atau remake dari gim legendaris tahun 1997, Final Fantasy VII Remake, juga memenangi dua penghargaan. Gim ini mendapat penghargaan Best Score and Music dan Best Role Playing.
Hades, gim karya pengembang independen atau indie Supergiant Games, juga memenangi dua penghargaan, yakni Best Action dan Best Indie.
Dalam acara ini, sejumlah aktor Hollywood hadir sebagai presenter. Gal Gadot menjadi presenter pada kategori Games For Impact, Keanu Reeves pada kategori Best Game Direction, Tom Holland pada Best Multiplayer, Brie Larson pada Best Performance, dan John David Washington pada Best Narrative.
Tahan banting pandemi
Kehadiran sejumlah bintang film tersebut tampaknya menggarisbawahi fenomena mengarus utamanya gim di masyarakat. Di masa pandemi ini, gim menjadi salah satu dari sedikit industri yang justru menunjukkan ketahanannya dan bahkan bertumbuh, nasib yang berbeda 180 derajat dengan industri film Hollywood.
Di masa pandemi ini, gim menjadi salah satu dari sedikit industri yang justru menunjukkan ketahanannya dan bahkan bertumbuh, nasib yang berbeda 180 derajat dengan industri film Hollywood.
Berdasarkan laporan Newzoo terbaru, industri gim dunia diperkirakan akan tumbuh 19,6 persen mencapai 174,9 miliar dollar AS (Rp 2.400 triliun) hingga akhir 2020. Bahkan, angka ini melampaui prediksi awal tahun, yakni 159,3 miliar dollar AS.
Industri film AS, di sisi lain, hanya menghasilkan 2 miliar dollar AS selama 2020. Berdasarkan studi firma riset pasar media Comscore, ini merefleksikan penurunan sebesar 76 persen dibandingkan 2019, seperti yang dilaporkan oleh CNN Business.
Menurut analis industri gim Newzoo, Tom Wijman, pandemi menyebabkan banyak orang memilih gim sebagai sarana untuk eskapisme, bersosialisasi, hingga sekadar mengisi waktu.
Secara khusus, Wijman mengatakan, bersosialisasi menjadi alasan kedua tertinggi masyarakat untuk bermain gim di masa pandemi ini.
”Oleh karena itu, tidak heran gim yang menawarkan pengalaman sosial yang seru, menyenangkan, dan kompetitif mendapatkan banyak ketertarikan di 2020 ini, contohnya Among Us dan Fall Guys. Kedua gim ini adalah gim paling populer tahun ini,” kata Wijman.