logo Kompas.id
EkonomiLiterasi Keuangan dan...
Iklan

Literasi Keuangan dan Infrastruktur, Penghambat Sistem Pembayaran Nirkontak Indonesia

Negara maju di dunia telah menerapkan sistem pembayaran nirkontak atau ”contactless payment” dalam transaksi sehari-hari. Di Indonesia, hal ini masih dalam proses pengembangan.

Oleh
WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN
· 2 menit baca
Seorang penumpang melakukan <i>tap out </i>di halte Transjakarta Karet, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (9/6/2023).
FAKHRI FADLURROHMAN

Seorang penumpang melakukan tap out di halte Transjakarta Karet, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

JAKARTA, KOMPAS – Pengembangan sistem pembayaran nirkontak atau contactless di Indonesia menemui sejumlah kendala. Kendala tersebut seperti literasi keuangan yang masih rendah, ketidaksiapan infrastruktur, dan sumber daya manusia.

Sistem nirkontak memungkinkan masyarakat untuk bertransaksi hanya dengan sekali sentuh atau mendekatkan perangkat pembayaran pada mesin pembayaran berupa electronic data capture (EDC). Artinya, seorang pelanggan hanya perlu menyentuhkan perangkat pembayaran pada mesin, tidak lagi memasukkan nomor PIN.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000