logo Kompas.id
EkonomiMenerima Masa Lalu
Iklan

Menerima Masa Lalu

Bagaimana perusahaan harus berurusan dengan kisah masa lalu yang mungkin berat? Problem ini jarang diungkap, tetapi seiring perubahan ekosistem, masa lalu perlu didalami agar memberi keuntungan lebih bagi perusahaan.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/8LejerX5mIsVBeW5K5yXzxSEbzY=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F11%2F30%2Fa49d0849-8e46-4a52-a07c-45a565748b8e_jpg.jpg

Motivator mudah sekali mengucapkan agar kita melupakan masa lalu. Kenyataannya? Sulit! Demikian pula dengan masa lalu di dunia bisnis. Ada istilah neuropathway yang berarti bagaimana memori masa lalu akan membentuk kita sekarang ini. Bagaimana masa lalu perusahaan agar memberi keuntungan lebih luas bagi kita?

Ketika bicara masa lalu perusahaan, kita membahas masalah yang terentang dari mulai pengalaman sukses dan gagal serta kasus-kasus berat yang menimpa perusahaan. Tak ada alasan jelas mengapa isu ini belakangan banyak diangkat. Salah satu anjuran yang paling banyak dikemukakan adalah pengakuan masa lalu bisnis kita dan bagaimana semua itu memberi keuntungan bagi perusahaan.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000