logo Kompas.id
EkonomiLelah karena Resesi
Iklan

Lelah karena Resesi

Kita mungkin perlu mencermati ekspresi anak-anak muda di media sosial. Tekanan ekonomi dirasakan dan diekspresikan melalui media sosial. Apa yang bisa dilakukan pebisnis?

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
Sorang pengunjung toko Apple mengenakan T-<i>shirt</i> yang mempromosikan Tiktok di Beijing, China, 17 Juli 2020.
AP PHOTO/NG HAN GUAN, FILE

Sorang pengunjung toko Apple mengenakan T-shirt yang mempromosikan Tiktok di Beijing, China, 17 Juli 2020.

Seorang remaja Amerika Serikat bernama Pasha Grosdov membuat percakapan yang kemudian menjadi serangkaian konten di Tiktok. Ia merinci bagaimana perasaan generasi Z tentang tekanan berat akibat ekonomi dan kemungkinan hidup menjalani resesi. Konten bikinannya kemudian menjadi viral dan menjadi perbincangan.

Video-video itu dengan jelas bergema ke mana-mana dan menghampiri banyak kalangan. Konten itu berhasil meraih 6 juta impresi, 600.000 tanda suka, 3.400 komentar, dan 37.000 orang membagikan konten itu pada pertengahan September. ”Depresi hebat lainnya? Coba lihat saya, saya sudah depresi,” canda Grosdov di salah satu videonya yang paling populer seperti dikutip laman Bankrate.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000