logo Kompas.id
EkonomiPusat Perbelanjaan Perlu...
Iklan

Pusat Perbelanjaan Perlu Difungsikan sebagai Ruang Koneksi Sosial

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia memperkirakan sebagian pengunjung mal tak kembali ke mal saat pandemi reda. Tak sekadar tempat belanja, pusat perbelanjaan mulai difungsikan sebagai ruang koneksi sosial.

Oleh
MEDIANA
· 4 menit baca
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Penurunan jumlah pengunjung pusat perbelanjaan di Jakarta dikhawatirkan berkepanjangan di tengah wabah Covid-19.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). Penurunan jumlah pengunjung pusat perbelanjaan di Jakarta dikhawatirkan berkepanjangan di tengah wabah Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS  —  Pusat belanja yang sekadar menawarkan fungsi belanja diyakini akan ditinggalkan konsumen dan merugi. Pusat belanja perlu menampilkan fungsi sebagai ruang koneksi sosial. Dengan demikian, pusat belanja tetap bisa bertahan di tengah tren perilaku berbelanja barang secara daring.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjadja mengatakan, sebelum pandemi Covid-19, pusat belanja yang sekadar menampilkan fungsi belanja terlibas. Ini terutama dialami oleh pusat-pusat belanja yang berada di kota besar, seperti Jakarta.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000