Binance mengumumkan kemitraannya dengan bintang sepak bola asal Portugal, Christiano Ronaldo, untuk mengenalkan ekosistem Web3 melalui kampanye global ”non-fungible token”/NFT. NFT pertama akan dirilis akhir tahun ini.
Oleh
MUKHAMAD KURNIAWAN
·2 menit baca
JAKARTA, JUMAT — Bursa perdagangan aset kripto terbesar dunia, Binance, mengumumkan kemitraan eksklusifnya selama beberapa tahun dengan bintang sepak bola asal Portugal, Christiano Ronaldo, Kamis (23/6/2022). Kolaborasi ini bertujuan memperkenalkan ekosistem Web3 kepada para penggemar sepak bola melalui kampanye global non-fungible token atau NFT.
Selama perjanjian, Binance dan Ronaldo akan membuat serangkaian NFT yang dijual secara eksklusif di platform NFT milik Binance. Menurut rencana, desain fitur yang dibuat bekerja sama dengan Ronaldo dan NFT akan dirilis pada akhir tahun ini.
Pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao, sebagaimana laporan Cointelegraph, menyatakan, Ronaldo telah melampaui olahraga untuk menjadi ikon di berbagai industri. ”Dia telah mengumpulkan salah satu basis penggemar paling berdedikasi di dunia melalui keaslian, bakat, dan pekerjaan amalnya,” ujarnya.
Zhao menambahkan, tim Binance sangat antusias untuk memberi penggemar Ronaldo kesempatan untuk terlibat dan terhubung secara eksklusif dengan Ronaldo karena memiliki koleksi NFT.
Terkait kerja sama tersebut, Ronaldo menyatakan bahwa para penggemar akan menikmatinya. ”Hubungan saya dengan para penggemar sangat penting bagi saya, jadi ide untuk menghadirkan pengalaman dan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui platform NFT ini adalah sesuatu yang saya ingin jadi bagiannya,” ujarnya.
Sebelumnya, pada Maret 2022, saingan besar Ronaldo, yakni pesepak bola asal Argentina dan Paris Saint-Germain, Lionel Messi, menjadi duta merek global Socios.com selama beberapa tahun. Socios.com adalah platform direct-to-consumer yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk menyediakan perangkat bagi organisasi olahraga guna melibatkan diri dengan para penggemarnya secara global.
Perjanjian antara Lionel Messi dan Socios.com akan berlangsung tiga tahun untuk periode awal. Sebagai duta merek global, Messi akan mempromosikan Socios.com kepada 400 juta pengikutnya serta menginspirasi para penggemarnya di seluruh dunia untuk bergabung dalam komunitas olahraga.
Perusahaan-perusahaan kripto lainnya mengandalkan kemitraan olahraga untuk menjadi arus utama. Reuters mencatat, pada tahun lalu Crypto.com menandatangani kesepakatan senilai 700 juta dollar AS untuk mengganti nama Staples Center di Los Angeles menjadi Crypto.com Arena.
Selain kerja sama sponsor dan lelang aset melalui NFT, teknologi rantai blok diadopsi oleh klub-klub sepak bola dalam bentuk token penggemar. Pada 21 Juli 2021, misalnya, klub sepak bola asal Italia, Inter Milan, mengumumkan kemitraan barunya dengan Chiliz, perusahaan penyedia blockchain untuk industri olahraga dan hiburan global, untuk musim kompetisi 2021/2022.
Selain Interisti, penggemar Inter Milan, Socios.com juga menjadi arena pertemuan digital berskala global bagi The Gooners, sebutan bagi penggemar Arsenal FC, atau Cityzen, penggemar Manchester City. Arsenal meluncurkan token penggemar bernama $AFC, sementara Manchester City meluncurkan token $CITY.