logo Kompas.id
EkonomiKeinginan Pelanggan
Iklan

Keinginan Pelanggan

Kita barangkali bisa belajar dari beberapa produk/layanan kelas atas yang gagal membaca keinginan konsumen. Mereka tidak cukup didekati dengan asumsi. Riset mendalam dibutuhkan agar muncul inovasi yang sesuai kebutuhan.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
Penumpang pesawat menunggu di ruang tunggu, bandara. Pemerintah di Jakarta, Jumat (27/9/2019),
ALIF ICHWAN

Penumpang pesawat menunggu di ruang tunggu, bandara. Pemerintah di Jakarta, Jumat (27/9/2019),

Salah satu maskapai di Timur Tengah akan mengirimkan seseorang ke rumah Anda ketika Anda membeli tiket pesawat kelas utama di dua kota di negara itu. Ia akan mengurus pelaporan tiket, imigrasi, pengangkutan bagasi, dan lain-lain sehingga Anda dengan mudah akan memasuki ruang tunggu bandara. Akan tetapi, apakah layanan ini dibutuhkan pelanggan?

Di lamannya, maskapai ini menyebutkan layanan itu sebagai ”First Class Home Check-in” atau layanan di rumah saat Anda terbang di kelas utama (first class). Dalam layanan itu tertulis, nikmati perjalanan yang lebih lancar dan nyaman, dan pesan First Class Home Check-in ke rumah, hotel, atau kantor Anda saat Anda hendak berangkat. Begitu tiba di bandara, Anda bisa langsung menuju gerbang keberangkatan. Akan tetapi, layanan ini dilakukan enam jam sebelum keberangkatan.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000