logo Kompas.id
EkonomiMengejar Konsumen
Iklan

Mengejar Konsumen

Data penyusun algoritma tak bisa digunakan begitu saja untuk layanan konsumen. Komunikasi langsung, meski berdasarkan algoritma, akan membuat pemasaran lebih berhasil. Sebab, komunikasi oleh manusia, bukan oleh mesin.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 3 menit baca
Sesi yoga di atas kapal pesiar Prana by Atzaro yang berlayar ke perairan Labuan Bajo, NTT, beberapa waktu lalu.
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Sesi yoga di atas kapal pesiar Prana by Atzaro yang berlayar ke perairan Labuan Bajo, NTT, beberapa waktu lalu.

Suatu saat jika Anda sempat ikut kapal pesiar, Anda akan ”ditangani” sejak memesan tiket hingga lepas dari kapal. Begitu Anda memesan tiket dan layanan lain, Anda akan ditawari berbagai hal melalui surat elektronik dan aplikasi. Namun, setelah ditawari melalui kedua kanal itu, ada tawaran dari kanal lain, seperti bertemu langsung, seminar, event, dan pesan melalui telepon di kamar.

Ketika sudah di kapal, Anda akan ditawari berbagai kebutuhan dan produk serta layanan dengan harga menarik. Intinya, Anda diharapkan mengeluarkan uang dari kocek. Sebuah seminar akan dijadikan promosi sebuah produk atau layanan. Paket pelayaran berikutnya ditawarkan dengan harga menggiurkan. Akses internet yang semula mahal akan ditawarkan hingga tamu tergoda membeli.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000