logo Kompas.id
EkonomiKonsumen sebagai Teman
Iklan

Konsumen sebagai Teman

Empati adalah kunci di tengah situasi pandemi. Perusahaan perlu menunjukkan empati di tengah masalah. Kemudian mencari cara agar relasi tetap terjaga dan mendapatkan tempat khusus di hati konsumen.

Oleh
Andreas Maryoto
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/hd00aBTQ3escY3tQCzgMMeHfs84=/1024x1449/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2F20211024-Ilustrasi-Ekonomi-9-warna_1635074521.jpg

Saat pandemi Covid-19 mulai menerjang, seorang pemilik restoran ”melupakan” konsumen begitu saja. Ia repot dengan urusan pandemi. Pemilik usaha kecil lainnya mengalami musibah yang sama, tetapi di tengah masalah ia tetap membuka komunikasi dengan konsumen. Ia tetap berusaha melayani konsumen, meski berat. Ketika pandemi mulai reda, pengusaha pertama kehilangan banyak konsumen, sedangkan pengusaha kedua tetap dikunjungi pembeli.

Kasus ini banyak ditemui. Bahkan jauh sebelum pandemi sekalipun. Sebuah usaha yang tiba-tiba tutup tanpa memberi tahu konsumen karena pemilik sedang memiliki urusan lain kerap tidak bisa mendapatkan kembali konsumen lama. Konsumen lama sudah kecewa. Ketika usaha itu buka kembali, konsumen sudah tidak mau datang.

Editor:
Nur Hidayati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000