logo Kompas.id
EkonomiMenjaga Deru Konsumsi Kelas...
Iklan

Menjaga Deru Konsumsi Kelas Menengah

Kalangan masyarakat kelas menengah memiliki kemampuan dan kesediaan konsumsi lebih baik dibandingkan dengan kelas bawah yang berdaya beli rendah ataupun kalangan atas yang cenderung menahan belanja.

Oleh
Dimas Waraditya Nugraha
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/qgNEDwLwRlgeD-P1FN60bEBd_NM=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2022%2F01%2F20220102ags114_1641134013.jpg
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Aktivitas pengunjung mengelilingi sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Minggu (2/1/2022). Mobilitas penduduk meningkat seiring terkendalinya pandemi Covid-19, mendorong geliat perekonomian dan keyakinan konsumen.

Situasi Covid-19 di Indonesia masih cukup terkendali meskipun kewaspadaan perlu ditegakkan merespons merebaknya varian baru Omicron.

Sejalan dengan terkendalinya pandemi, konsumsi nasional mulai beranjak bangkit. Hal ini terefleksi pada kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen di pengujung 2021. Luar biasa karena Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2021 tercatat 118,3. Angka ini berada di atas level pra-pandemi pada Februari 2020 sebesar 117,7.

Editor:
Nur Hidayati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000