logo Kompas.id
EkonomiPasar Semakin Personal
Iklan

Pasar Semakin Personal

Konsumen ritel semakin menuntut kepuasan dan pengalaman belanja yang lebih personal. Transformasi ritel ke ekosistem digital dinilai dapat dikelola untuk memenuhi harapan pasar tersebut.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/CQpWoocZ1ArxIVjGqIDk9ptj6PI=/1024x686/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F11%2Fcdce662a-0323-4549-99ae-f41e6a125005_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Suasana di pusat perbelanjaan di kawasan kota mandiri BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (7/11/2021). Penurunan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 1 membuat pusat perbelanjaan boleh dikunjungi dengan kapasitas hingga 100 persen.

JAKARTA, KOMPAS — Digitalisasi telah membawa layanan semakin personal. Peritel dituntut mampu memanfaatkan teknologi digital untuk memahami kebutuhan pasar secara spesifik dan menciptakan kustomisasi massal, yakni menawarkan produk dan jasa sesuai dengan keinginan individu dalam skala besar.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey berpendapat, tren globalisasi dan digitalisasi mengemuka dalam 10 tahun terakhir. Meskipun demikian, layanan daring tidak serta-merta menghilangkan kemauan masyarakat untuk datang berbelanja ke toko.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000