logo Kompas.id
EkonomiPuluhan Koperasi Simpan Pinjam Diduga Jalankan Bisnis Pinjaman Daring Ilegal

Puluhan Koperasi Simpan Pinjam Diduga Jalankan Bisnis Pinjaman Daring Ilegal

Belum tuntas berbagai kasus koperasi gagal bayar yang merebak di sejumlah kota, koperasi simpan pinjam kembali dijadikan kedok untuk melancarkan praktik pinjaman daring ilegal.

Oleh
Stefanus Osa Triyatna
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi memberi penjelasan dalam pengungkapan kasus penagihan pinjaman online di Mapolda Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa (19/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Belum tuntas berbagai kasus koperasi gagal bayar yang merebak di sejumlah kota, koperasi simpan pinjam atau KSP kembali dijadikan kedok untuk melancarkan praktik pinjaman dalam jaringan atau daring ilegal. Kementerian Koperasi dan UKM akhirnya berkoordinasi dengan Bareskrim Polri terkait pengungkapan KSP Solusi Andalan Bersama yang diduga menjalankan usaha pinjaman daring secara ilegal.

Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi dalam konferensi pers secara virtual di Kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta, Kamis (28/10/2021), menyatakan, usaha pinjaman daring rupanya sudah menggunakan KSP sebagai kedoknya.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan