logo Kompas.id
EkonomiSegala Cara Ditempuh demi...
Iklan

Segala Cara Ditempuh demi Terhubung dengan Konsumen

Pemasaran yang personal masih jadi jurus yang ampuh bagi pemilik merek untuk menggaet pembeli. Beragam solusi teknologi digital muncul memberikan rekomendasi barang/layanan yang sesuai karakter konsumen.

Oleh
Mediana
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/spZyVx3yLUm0hkcNCom3QBIZ9TM=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F4a116818-e6a8-45d3-8f90-2a4eaaa4c4c7_jpg.jpg
KOMPAS / LASTI KURNIA

Tim desain menyiapkan banner promosi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) untuk dipasang di situs web www.beautybarnindonesia.com, di kantor Team Beauty Barn, Kebun Jeruk, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Pelaku usaha yang mengikuti Harbolnas, selain dapat mengelar sale di platform toko digital masing-masing, sebagian juga turut dalam program serupa di marketplace, seperti Shoppe, Lazada, dan Blibli.

JAKARTA, KOMPAS — Cara pemasaran yang menitikberatkan pada personalisasi kebutuhan konsumen akan tetap dipakai oleh para pemilik merek. Mereka berusaha membaca topik yang sedang menjadi tren sampai mempelajari pola perilaku konsumen selama berselancar, baik melalui peramban maupun aneka aplikasi layanan barang dan jasa.

Selama dua dekade terakhir, pemilik jenama telah membuktikan bahwa cara pemasaran yang menitikberatkan pada personalisasi kebutuhan konsumen berhasil. Managing Director ADA Indonesia—perusahaan solusi teknologi pemasaran digital—Suraj Sivaprasad dalam wawancara khusus, Rabu (22/9/2021), di Jakarta, mengatakan, upaya itu membuat pemilik merek tetap relevan dengan konsumen. Hanya saja, sumber data serta media pemasaran yang muncul berubah signifikan antara dua dekade lalu dan saat ini.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000