logo Kompas.id
EkonomiMarak Pemasaran...
Iklan

Marak Pemasaran Hiper-personalisasi

Hiper-personalisasi dalam aktivitas pemasaran semakin mengukuhkan etos bahwa pemilik merek yang sukses mesti memahami kebutuhan personal konsumen.

Oleh
Mediana
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ida56ADZuhxNspvtTFLRFuYkCuk=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2Fa4e218e8-d25a-4017-aedb-62c09bedcae0_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Warga berbelanja secara dalam jaringan melalui situs www.brandlokal.online saat Hari Belanja Brand Lokal yang digelar secara daring, April 2020. Lebih dari 1.000 merek lokal bergabung dalam festival belanja daring ini. Hal ini menjadi peluang dan angin segar bagi merek lokal di tengah melorotnya penjualan akibat pandemi Covid-19.

Konsep hiper-personalisasi dalam aktivitas pemasaran kini makin marak dipakai oleh pemilik merek produk. Konsep ini mulai dipandang sebagai syarat penting agar produsen bisa mengikuti tren perilaku konsumen.

Konsep hiper-personalisasi dalam Kamus Oxford ”Media Sosial” disebut sebagai komunikasi yang hiper-personal. Ini merupakan fenomena komunikasi yang dimediasi komputer, menimbulkan interaksi satu per satu kepada individu secara intim. Fenomena komunikasi ini kerap dikaitkan dengan kecenderungan untuk mengidealkan orang lain tanpa adanya isyarat nonverbal yang tersedia dalam situasi yang sama secara tatap muka.

Editor:
Nur Hidayati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000