logo Kompas.id
EkonomiSektor Pertanian Masih Jadi Harapan di Masa Pandemi

Sektor Pertanian Masih Jadi Harapan di Masa Pandemi

Ketika ekonomi tumbuh negatif, bahkan resesi, karena tiga triwulan berturut-turut berada dalam teritori negatif, sektor pertanian seterusnya tumbuh positif dari tahun 2020.

Oleh joice tauris santi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Buruh tani berada di antara lahan persawahan yang siap panen di Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/9/2021). Produktivitas pertanian padi sepanjang tahun tersebut salah satunya karena ketersediaan air dari jaringan irigasi yang memadai.

JAKARTA, KOMPAS — Di tengah pandemi Covid-19, sektor pertanian masih menjadi harapan, bahkan menunjukkan dapat bertahan. Ketika ekonomi Indonesia mengalami resesi dan terkontraksi minus 2,07 persen pada tahun lalu, sektor pertanian justru bertumbuh.

”Ketika ekonomi tumbuh negatif, bahkan resesi, karena tiga triwulan berturut-turut berada dalam teritori negatif, sektor pertanian seterusnya tumbuh positif dari tahun 2020,” kata Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bustanul Arifin dalam webinar bertajuk ”Pertanian Bantalan Resesi: Resiliensi Sektor Selama Pandemi Covid-19”, Senin (20/9/2021).

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..