logo Kompas.id
EkonomiOptimalkan Upaya Perbaikan...
Iklan

Optimalkan Upaya Perbaikan Tata Kelola Mahadata Layanan Pemerintahan

Pemerintah berkomitmen terus melakukan perbaikan tata kelola mahadata pemerintahan agar pelayanan publik, apalagi selama pandemi Covid-19, semakin tepat sasaran dan efektif.

Oleh
Mediana
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/RB2VJ9iJ4JW6X92VuG4mUoNa_28=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2F5e020ff7-e6de-41cd-8986-771adf84385a_jpg.jpg
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Petugas Sensus Penduduk 2020 memverifikasi data di lapangan di RW 03 Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2020). Pencatatan ini dilakukan untuk menghasilkan satu data tunggal penduduk Indonesia, yang kelak akan menjadi dasar pembuatan keputusan dalam berbagai bidang. Mengacu kepada referensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setiap negara diminta melaksanakan sensus penduduk setidaknya sekali dalam sepuluh tahun.KOMPAS/AGUS SUSANTO2-9-2020

JAKARTA, KOMPAS - Perbaikan tata kelola mahadata pemerintahan penting terus dilanjutkan agar tercipta keterpaduan data. Oleh karena itu, pemerintah telah menyepakati pembentukan gugus tugas yang akan bertugas memantau standar ataupun integrasi satu data nasional.

Gugus tugas yang dimaksud terdiri dari anggota Dewan Pengarah Satu Data Indonesia (SDI). Mereka akan berdiskusi di level teknis dan keputusan tetap melalui dewan pengarah. Salah satunya akan berhubungan realisasi setiap macam bantuan pemerintah.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000