logo Kompas.id
EkonomiProduksi Gas Bumi Harus Dimanfaatkan dengan Optimal

Produksi Gas Bumi Harus Dimanfaatkan dengan Optimal

Sektor industri pengguna gas harus mampu memanfaatkan dengan optimal penambahan produksi gas di dalam negeri. Apalagi, ada dukungan insentif harga gas industri dari pemerintah.

Oleh M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ARIS PRASETYO

Rombongan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan berkunjung ke unit produksi terapung di lapangan Jangkrik, Blok Muara Bakau, sekitar 70 kilometer dari garis pantai Kalimantan Timur, Minggu (11/6/2017). Lapangan ini mulai memproduksi gas sejak pertengahan Mei lalu dengan kapasitas 130 juta standar kaki kubik per hari dan akan ditingkatkan menjadi sedikitnya 450 juta standar kaki kubik per hari.

JAKARTA, KOMPAS  — Lapangan Merakes di Wilayah Kerja East Sepinggan, Kalimantan Timur, diharapkan bisa menghasilkan gas bumi sebanyak 368 juta standar kaki kubik per hari. Produksi itu untuk membantu capaian target produksi gas bumi 12 miliar kaki kubik per hari pada 2030. Sektor industri pengguna gas bumi diharapkan dapat memanfaatkan produksi gas dengan optimal.

Strategi peningkatan produksi gas bumi tampak dari peresmian proyek pengembangan Lapangan Merakes, Selasa (8/6/2021), yang disiarkan secara virtual. Proyek yang dilaksanakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama Eni East Sepinggan ini mengalirkan gas pertama kali pada April 2021 dan berpotensi memproduksi 368 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..