logo Kompas.id
EkonomiSandiaga: Pemerintah Fokus Bantu 34 Juta Pekerja (1)

Sandiaga: Pemerintah Fokus Bantu 34 Juta Pekerja (1)

Sejumlah langkah dilakukan untuk menjaga sektor pariwisata dan ekonomi tidak rusak permanen akibat pandemi, bahkan mampu bangkit kembali. Data menjadi kunci untuk menentukan kebijakan.

Oleh Agnes Theodora/BM Lukita Grahadyarini
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua dari kiri) mengadakan konferensi pers bersama Gubernur Bali Wayan Koster seusai pertemuan mereka di Gedung Jaya Sabha, rumah dinas Gubernur Bali di Kota Denpasar, Kamis (11/2/2021). Pertemuan itu juga dihadiri Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (kanan), pengusaha, dan kalangan insan pariwisata Bali.

Selama pandemi, yang berlangsung nyaris setahun, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor paling terpuruk. Sebanyak 2,6 juta lapangan pekerjaan dan 34 juta masyarakat yang terlibat di sektor ini merasakan dampaknya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, penanganan pandemi menjadi panglima pemulihan ekonomi. Saat ini, fokus pemerintah menjaga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar tidak mengalami kerusakan permanen dan mampu bangkit dari keterpurukan. Cara yang ditempuh, antara lain, menambah dana hibah berbasis data pada tahun ini.

Editor: dewi indriastuti
Bagikan
Memuat data..