logo Kompas.id
β€Ί
Pendidikan & Kebudayaanβ€ΊGenerasi Muda Optimistis...

Generasi Muda Optimistis terhadap Kemajuan Negara

Anak-anak muda generasi Z dan milenial optimistis pendidikan dan kebudayaan di Indonesia bisa maju. Namun, mereka tidak begitu optismistis negara ini bisa menerapkan sistem politik dan hukum yang bersih dan transparan.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/RI_vlDTMJWdWFRbXv1kI5wEYolQ=/1024x577/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F64249f4e-64b5-4704-94d5-a0b9bfbbaf8c_jpg.jpg
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Beberapa anak muda yang menggeluti seni grafiti dan mural dari komunitas Rain City Strike (RCS) saat menghias dinding dengan karya mereka di Jalan Gedong Sawah, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020). Komunitas seni grafiti menjadi wadah kegiatan positif anak muda menyalurkan bakat seiring berkembangnya seni grafiti dan mural di Indonesia. Aktivitas menggambar dinding yang diberi ruang oleh lingkungan RT setempat ini menjadi kegiatan pertama komunitas ini setelah terhenti sejak awal pandemi Covid-19 di bulan Maret. Kegiatan menggambar kali ini diikuti sekitar 11 orang yang beberapa di antaranya seniman grafiti dan mural dari Depok dan Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS β€” Optimisme generasi muda terhadap kemajuan negara cenderung tinggi. Hal ini hendaknya menjadi dorongan bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas kebijakan di berbagai bidang dan menjaga optimisme itu.

Demikian survei indeks optimisme generasi muda yang dilakukan Good News From Indonesia dan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik (KedaiKOPI) pada periode 8-15 Juli 2021.

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan