logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanTahun Perubahan Digital yang...
Iklan

Tahun Perubahan Digital yang Menentukan

Tahun 2021 ini akan menjadi tahun perubahan digital yang besar dan cepat serta  menentukan keberlangsungan hidup industri media. Transformasi digital menjadi jawaban untuk menghadapi disrupsi digital dan pandemi.

Oleh
Yovita Arika/Erika Kurnia
· 4 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/P-aQJj8RdCpVWlEMeYa24eSliSo=/1024x816/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F20180515-Portal-Surat-Kabar-dengan-Paywall.jpg
Kompas

Beberapa Portal Surat Kabar dengan Sistem Berbayar

Tahun 2021 diprediksi menjadi tahun perubahan digital yang besar dan cepat bagi industri media setelah pandemi Covid-19 menjadi badai penyempurna disrupsi digital. Tidak ada pilihan lagi untuk bertahan selain melakukan transformasi digital, baik bermigrasi penuh ke versi digital maupun dengan membuat dan mengembangkan versi digital.

Sejumlah media cetak di Indonesia yang tutup setahun terakhir, beberapa di antaranya bermigrasi penuh ke versi digital. Koran Tempo, misalnya, menghentikan versi cetaknya per 1 Januari 2021 dan beralih sepenuhnya ke platform digital. Ini menjadi fenomena global, sejumlah media cetak tutup, tetapi banyak yang bertahan dengan membangun dan mengembangkan versi digital.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan