logo Kompas.id
Artikel OpiniKlaim-klaim Terapi Medis
Iklan

Klaim-klaim Terapi Medis

Fenomena klaim keberhasilan terapi medis makin marak di era digital saat ini. Klaim-klaim medis ini tentu saja memengaruhi opini publik. Masalahnya, opini publik kerap dibentuk faktor subyektif, bukan fakta obyektif.

Oleh
IQBAL MOCHTAR
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/_w9IceXHFB8PipMs-JcPkDW_ZdQ=/1024x769/https%3A%2F%2Finr-production-content-bucket.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com%2FINR_PRODUCTION%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F04%2F08%2Fc0117d56-105b-48f7-9eeb-daa081b82bbb_jpg.jpg

Klaim-klaim keberhasilan terapi medis (miracle health claims) adalah fenomena jamak sejak dulu.

Klaim bisa dilakukan oleh dokter, rumah sakit, atau siapa pun yang berkepentingan dengan tindakan terapi, tetapi bisa juga oleh pasien. Fenomena ini makin marak di era digital saat ini. Seorang dokter dapat dengan mudah menyebarkan opininya tentang kemanjuran sebuah terapi atau bahkan mempromosikan terapinya sendiri. Dari sisi pasien lebih ramai lagi. Pasien bisa dengan mudah membagikan pengalaman terapinya, baik atau buruk, dan membuat kesimpulan kemanjuran terapi.

Editor:
SRI HARTATI SAMHADI, YOHANES KRISNAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000