logo Kompas.id
Artikel OpiniMotoGP dan ”Branding”...
Iklan

MotoGP dan ”Branding” Indonesia

Ratusan juta manusia fokus ke Indonesia karena MotoGP. Pemerintah mampu melahirkan melodrama yang membetot pencinta motor seluruh dunia. Komunikasi, kampanye, dan event istimewa upaya membangun branding Indonesia.

Oleh
AM Lilik Agung
· 5 menit baca
HERYUNANTO

Dari perhelatan MotoGP, tersua angka yang fantastis. Setiap pebalap memacu motornya dalam satu seri putaran pertandingan, maka 432 juta rumah di 200 negara akan menyalakan televisi menonton siaran langsung.

Kejar-kejaran antara Marc Marquez dengan Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan pebalap Asia, Takaaki Nakagami, memukau 30 juta pemuja di media sosial dan aneka platform digital dengan 12,2 miliar impresi, tiga miliar penonton video, dan menghabiskan 2,5 miliar menit menonton. Jika dikumpulkan dari laman Facebook, Instagram, Youtube, dan Tiktok, ada hampir 31 juta ”penduduk” MotoGP (Kompas, 16/3/2022).

Editor:
SRI HARTATI SAMHADI, YOHANES KRISNAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000