logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊMetode Formatif Menilai Siswa ...
Iklan

Metode Formatif Menilai Siswa secara Holistik

Oleh
Laraswati Ariadne Anwar
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/lI8yOccQ-dKXKG2VlBvY-X79_Ro=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20190830_111913_1567172118.jpg
KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR

Salah satu pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan, Novi Chandra (berdiri), menerangkan mengenai metode penilaian formatif yang memerhatikan semua aspek perkembangan siswa seperti kognitif, sosial, komunikasi, kreativitas, dan berpikir kritis dalam loka karya guru di Tangerang Selatan, Jumat (30/8/2019).

TANGERANG SELATAN, KOMPAS β€” Penilaian siswa menggunakan metode sumatif merupakan penghambat dalam transformasi pola pemelajaran dari terpusat kepada guru menjadi pemelajaran yang mengembangkan pemikiran kritis. Penyadaran dan pelatihan metode penilaian formatif mendesak disebarluaskan.

Metode sumatif ialah menilai siswa berdasarkan hasil yang didapat setelah pelajaran. Penerapannya dengan memakai ujian seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Kekurangan cara sumatif adalah hanya melihat kemampuan kognitif atau akademik siswa berdasar materi yang mereka pelajari di kelas.

Editor:
yovitaarika
Bagikan